Posted by : Sarang_Kunti September 23, 2014

1. Pengertian Peta Topografi

Peta topografi adalah peta yang menggambarkan tinggi rendahnya permukaan bumi. Peta topografi merupakan jenis peta yang ditandai dengan skala besar dan detail, biasanya menggunakan garis kontur dalam pemetaan modern. Sebuah peta topografi biasanya terdiri dari dua atau lebih peta yang tergabung untuk membentuk keseluruhan peta. Sebuah garis kontur merupakan kombinasi dari dua segmen garis yang berhubungan namun tidak berpotongan, ini merupakan titik elevasi pada peta topografi.

2. Penampang Topografi

Untuk membangun sebuah profil topografi, pertama-tama Anda harus memutuskan/menentukan pada baris yang menarik bagi Anda. Ini bisa menjadi daerah di mana Anda ingin pergi untuk berjalan kaki dan ingin tahu kecuramannya/ketingiannya untuk memprediksi hal itu, sebuah garis yang menunjukkan bantuan maksimum (lega adalah perbedaan elevasi antara titik tertinggi dan terendah) di daerah peta, atau daerah lain di mana Anda tertarik. Untuk mengetahui kenampakan morfologi dan kenampakan struktur geologi pada suatu daerah, maka diperlukan suatu penampang tegak atau profil (section). Penampang tegak atau sayatan tegak adalah gambaran yang memperlihatkan profil atau bentuk dari permukaan bumi. Profil ini diperoleh dari line of section yang telah ditentukan lebih dulu pada peta topografi, misalnya A – A' atau B – B'.

A. Skala pada Profil

  1. Skala normal (Nature scale) yaitu skala vertikal diperbesar sama dengan skala horisontal.
  2. Skala perbesaran (Exaggerated) yaitu skala vertikal diperbesar lebih besar daripada skala horisontal.

B. Persyaratan Pembuatan Profil

  1. Profil line/topographic line yaitu garis potong antara permukaan bumi dengan bidang vertikal.
  2. Base line letaknya mendatar dipilih pada jarak tertentu di daerah profil line, dimana tinggi base line tergantung kebutuhan. Seingkali dipilih 0 meter sesuai ketinggian permukaan air laut. Pada base line terletak jarak mendatar sesuai dengan jarak horisontal.
  3. End line/garis samping dikiri dan kanan tegak lurus base line. Disini tertera angka ketinggian sesuai interval kontur.

C. Kegunaan Peta Topografi dalam Geologi

Secara khusus peta topografi digunakan untuk merekam segala data geologi, misalnya :
  1. Penyebaran batuan
  2. Struktur geologi
  3. Morfologi suatu daerah dan sebagainya

Silahkan Berkomentar

Silahkan Berkomentar

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Sarang Kunti - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Sarang Kunti -

DMCA.com Protection Status